Bayi 8 Bulan Itu …

Arizqio Mada Leksono

Tempo hari saya nulis soal Mada yang lagi GTM. Syukur deh hal itu cuma berlangsung kurang dari seminggu. Mada yang biasanya “gak berkutik” (baca : pasrah) disuapin Ibu Mertua, makin berontak ketika cara makannya dicekokin. Ibu Mertua sempat bingung dan gak sabaran “Duh, Mada makannya lama banget”. Acara nyuapin Mada yang biasanya maksimal 1 jam, molor jadi 2 jam. Hehehe.

Saya bisa maklum Mada maemnya lama. Secara gitu giginya baru 2 dan tekstur makanannya juga kasar. Saya cari akal biar Ibu Mertua gak mumet ngadepin Mada saat makan. Caranya, triiiing kalo pas lagi berkunjung ke rumah Ibu Mertua, better Mada udah makan komplit sebelum pergi ato kalopun terpaksa makan di situ dibikin teksturnya halus alias kayak puree gitu.

Di umurnya yang ke 8 bulan ini, Mada udah bisa banyak hal. Alhamdulillah, kemampuan motoriknya bagus. Mada udah bisa tepuk tangan, udah bisa tepuk mulut dan mainin jempol sambil kibas-kibasin tangan. Kalo emaknya lagi sibuk sama cucian baju segambreng, dia cukup mandiri ditinggal. Mada bisa menghibur diri sendiri atau menghibur orang di sekitarnya alias ngebodor. Dia juga udah bisa duduk, bakalan jejeritan kalo abis mandi dipakein baju sambil tiduran/tengkurep, udah ngerti hak milik … jadi kalo ada temannya ngerebut mainan, dia langsung bereaksi entah nendang ato nge-gaplok. Trus, apalagi ya …. hmmm dia udah bisa turun dari kasur entah pakai tangan ato kaki duluan.

Mada lagi senang banget sosialisasi daaaaan juga mulai ngerti main. Kebetulan di tempat tinggal saya, populasi bayi ato batita cukup banyak. Ada 4 bayi cewek  + 1 cowok. Coming soon, 2 bayi cowok bakalan mbrojol di bulan Maret ini. Tiap kali Mada denger suara teman-temannya yang ngumpul itu tiap pagi + siang + sore, wahhh Mada mulai heboh dengan harapan bakalan dibawa main. Hohohoho. Yess, ibunya bakalan ikutan gabung kalo pekerjaan rumah udah selesai. Kalo enggak, yahh nunggu aja, ato kalo terpaksa banget ya saya ngalah.

Soal MPASI, alhamdulillah lebih mudah dan gak terlalu rempong kayak di bulan-bulan sebelumnya. Makan wajib 3x sehari dan camilan 2x sehari. Mada udah nyicip ayam, daging, ikan include teri medan yang dibejek-bejek itu lohhh. Cuma, urusan nyuapin emang kadang harus sabar. Hari ini hari ke 3 di bulan Maret. Bentar lagi Mada umurnya 9 bulan dan kudu imunisasi campak. Katanya sihh, imunisasi terakhir. Ada sertifikat juga karena udah komplit imunisasinya.

xoxo,

Maria Soraya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s