Ketika Mada (harus) Ber-GTM

Senin. Selasa. Rabu kemarin, Mada emoh sarapan.

Saya mumet campur panik. Hik, soalnya saya bikin mpasinya itu gak sesingkat kalo bikin mpasi instan yang tinggal seduh pake air panas gitu. Dikupas dulu kulit wortelnya atau kentangnya. Dipotong-potong. Direbus dulu sekian menit. Didinginin. Diblender. Baru deh proses makan. Kebayang kan udah dibikinin makanan dengan proses panjang seperti itu trus Mada sama sekali gak mau buka mulut. Ada aja tingkahnya menghindar dari acara makan pagi. Entah pas mau disuapin (sendoknya udah didepan mulut dia) tiba-tiba dia ke-distract gara-gara satu hal. Otomatis isi sendoknya tumpah. Atau tau-tau tangannya tepuk-tepuk mulut. Yang biasanya gampang makan dengan posisi duduk, ini susahnya minta ampun. Hiiiihhhh gemes kan.

Saya jadi teringat Ibu Mertua. Mada kalo disuapin neneknya itu diam gak berkutik.Iyyyyaaalaaah, makannya sambil digendong dan dibekap. Pokoknya mulutnya doang yang bergerak-gerak. Hihihihi. Duh, saya langsung ngayal Ibu Mertua tiba-tiba nongol di depan saya dan tuing nyuapin Mada dengan gayanya itu.

Kamis pagi, saya pengen ganti menunya dia. Biasanya apa aja di mix sama telur puyuh. Akhirnya kemarin sengaja beli ayam kampung. Saya bikinin kaldunya dan ayamnya pun setelah direbus langsung diblender. Reaksi Mada ? Lep lep lep lagi. Bibirnya sampe monyong-monyong gitu karena masih pengen makan sementara isi mangkoknya hampir tandas. Terakhir, lengan saya digigit *tepokjidat.

Setelah hari itu, saya baru ingat, setiap bayi bakal melewati masa GTM alias gerakan tutup mulut. Penyebabnya beragam ( saya copas dari blognya Mak Depe si Mama Koki Handal )

  1. Masa tumbuh gigi
  2. Bosan dengan tekstur halus
  3. Perbedaan kenaikan tekstur makanan yang drastis
  4. Sempat ‘tercolek’ makanan /minuman lain yang ditambah gula-garam
  5. Bosan dengan suasana makan
  6. Trauma makan/sendok
  7. Sakit/tidak enak badan

Hmm, kalo dilihat dari penyebabnya, saya langsung teringat gigi Mada yang makin nyembul dari gusinya. Gusi putih Mada udah nongol di akhir umur dia 6 bulan. Aksi GTM sempat terjadi juga sih bulan kemarin, tapi gak sebikin-deg-degan kayak bulan ini. Huhuhuhu. Dan, another reason kenapa Mada ber-GTM, mungkin dia bosan dengan menu yang itu-itu aja atau dengan tekstur makanannnya.

Hari ini hari Jumat. Seperti biasa, tiap Jumat, saya mampir ke rumah Ibu Mertua. Dan, tadi pagi disuapin Ibu Mertua menu ‘baru’. Saya sengaja bawa bahan mentah wortel + brokoli + tempe + ayam kampung suwir dan setengah gelas pigeon magmag berisi kaldu ayam kampung. Alhamdulillah, mulutnya monyong-monyong leplepleplep nyaaaammm lagi.

Gambar diambil dari sini

xoxo,

Maria Soraya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s