MPASI 7 Bulan Tanpa Gulgar : Nikmatnya Menu Favorit

Di awal mpasi, saya sempat bingung menentukan seperti apa makanannya Mada. Karena ini pengalaman saya pertama kalinya menjadi Ibu. Alhamdulillah, pemberian mpasi lancar dan menjadi rutinitas menyenangkan setiap harinya.

Sekarang Mada udah 7 bulan. Menu mpasinya gak lagi sekedar buah, dia udah ngerasain makan puree ayam, puree tuna dan yang paling favorit puree sayur + telur puyuh 2 biji. Soal ayam, saya baru ngasih sekali, soalnya Mada sembelit. Gak tega liat muka dia senep waktu pup. Kalo tuna, udah beberapa kali nyicipin. Yang asyik itu ngeramu mpasi pake tambahan 2 telur puyuh, soalnya ini yang paling gampang. Dia hampir setiap hari makan pake telur puyuh, untuk menunjang sumber proteinnya. Cuma, untuk dapetin telur puyuhnya agak usaha, kudu ke pasar. Saya maunya saat beli itu telur puyuhnya masih mentah dan yang merebus itu saya. Kalo di tukang sayur kan telur puyuhnya udah mateng dan gak jelas juga ngerebusnya pake air apa atau kapan. Hihihi. Begitu mau dipake, tau-tau udah bau aja itu telurnya.

Oh ya, mpasi utama Mada itu kan tanpa gulgar, makanya setiap hari saya kasih perasa makanan yang alami, misal aroma atau rasa dari jagung / kentang atau ditambahin daun salam. Banyak yang heran sih dan gak percaya Mada bisa lepleplep alias lahap makan tanpa gulgar. Hihihi.

Ini contoh menu Mada, rumusnya mix karbo + sayur hijau + sayur warna lain + protein :

Kentang/Jagung/Nasi + Bayam/Brokoli + Wortel + Telur Puyuh

Kentang/Jagung/Nasi + Bayam/Brokoli + Wortel + Ayam + Kaldu Ayam

Kentang/Jagung/Nasi + Tempe + Wortel + Telur Puyuh

Sejak awal 7 bulan, Mada makannya juga mulai dikasih camilan salah satunya berupa biskuit marie susu. Awalnya, Ibu Mertua yang pertama kali mengenalkan biskuit itu dan saya agak keberatan, karena mpasi utamanya Mada itu kan tanpa gulgar, mosok camilannya biskuit semacam marie susu ? Tar gimana kalo Mada gak doyan lagi mpasi yang rasanya netral ??

Eh ya ternyata Mada tetap lepleplep. Alhamdulillah deh. Jadi, dalam sehari Mada 3x makan berat yang pake karbo dan 2x makan camilan (puree buah atau biskuit). Kadang, kalo saya lagi rempong banget makan beratnya cuma 2x tapi camilannya jadi 3x sehari.

Salam mpasi rumahan !

note : gambar diatas diambil dari sini

xoxo,

Maria Soraya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s