Menjadi Seorang Ibu

DSCN4344

14 Juni 2014, tepat jam 05.45 di hari Sabtu, lahir seorang bayi laki-laki yang diberi nama :

Arizqio Mada Leksono

Kami memanggilnya, Mada. Berat my little boy saat lahir cukup wow, yaitu 4.4 kg. Saking besarnya, bedong yang dibawa dari rumah gak muat. Jadi, jendral kecilku ini dibungkus pakai sarung bekas sholat bapake. Proses melahirkan, alhamdulillah normal dengan jahit obras luar dalem tanjung kimpul. Hehehe. Mimiknya full asi eksclusive, rencana saya pingin menyusui sampai Mada 2 tahun.

Sekarang, si jendral kecil sudah berumur 3 bulan. Beberapa hari yang lalu, Mada disuntik DPT 2. Pas disuntik gak nangis jejeritan. Tapi begitu jarumnya dilepas dari pahanya, lanjut ngeeeek nangis biarpun gak sekenceng bayi-bayi lain.

Saat ini, hari-hari saya disibukkan dengan kehadiran si jendral Mada. Yang namanya WAKTU bener-bener penting. Untungnya, jadwal tidur si jendral mulai teratur 2 minggu ini. Menjadi seorang Ibu itu luar biasa wow !

Apalagi dengan status saya sebagai Ibu Rumah Tangga. Salah kaprah kalau masih ada orang yang merendahkan pekerjaan mulia itu. Jadwal Ibu Rumah Tangga (tanpa asisten rumah tangga) lebih padat. Bayangin ya sepanjang hari mengurusi bayi dan rumah, lanjut jam 9 malam mengurusi bapaknya si bayi (suami :p), begitu jam 12 malam mau tidur tau-tau si jendral bangun. Tang tung tang tung. 2 bulan yang lalu antara jam 12 malam sampai jam 6 subuh itu saya belum bisa tidur karena si jendral melek.

Saya nyoba berbagai metode supaya si jendral tidur plek pules di malam hari. Baru sukses 2 minggu ini. Kalau pagi, jam tidur Mada itu setelah mandi antara jam 10 sampai jam 11. Mulai jam 12 sampai sore, saya usahakan supaya Mada melek. Entah ngobrol, main berdua, dia main sama jarinya sendiri, ngumpul dengan tetangga atau jalan-jalan kemana gitu (ini mah emaknya bingit). Begitu jam 6 sore ke atas, dia tidur tapi gak pules. Jam 9 atau jam 10, dia bakalan tiba-tiba melek beberapa menit sebelum Pak Gondrong pulang. Mungkin itu hubungan batin antara anak dan bapaknya. Hehehe.

Saya sebagai Ibu juga ingin anak saya mandiri sedari bayi. Maksudnya, kalau tidur gak susah yang harus pakai ritual gendong sampai tangan keriting etc. Jujur, kalau lagi di dalam rumah saya gak pernah gendong Mada. Berat bok !  Sehari-hari,  saya lebih suka nidurin dia di kaki dan digoyang-goyang. Asyiknya lagi, Mada bukan tipe bayi yang kudu ditungguin 24 jam. Dia bisa dengan mudahnya ditinggal di kasur dan tau-tau tidur sendiri. Dia bisa ngoceh sendiri di kasur sambil liatin sepasang tangannya. Oh ya, pas usia 2 bulan, dia senang memasukkan tangannya ke mulut. Supaya kegiatan itu gak jadi kebiasaan, saya mengalihkannya dengan bermain guling. Dia betah mengamati gambar-gambar yang ada di guling atau angkat-angkat guling.

Yang paling menakjubkan menjadi seorang Ibu adalah setiap hari kita bakal disuguhkan dengan perkembangan si bayi. Kemarin, si bayi bisa ngomong hauhauuu. Besoknya, sudah bisa angkat guling. Besoknya lagi, sudah bisa menggenggam.

Di usia 3 bulan ini, ketika diajak ngobrol Mada sudah bisa :

  • merespon dengan kalimat hauhauu atau kalimat 2 kata macam haaageng
  • menaikkan sepasang alisnya
  • menyentuh tangan kita atau menarik rambut lawan bicara
  • menggoyangkan badannya saat dia merasa lawan bicaranya lucu
  • memiringkan badannya
  • etc

Nah, saat dia lagi sendirian dan saya sibuk dengan urusan rumah, Mada cukup mandiri untuk ditinggal. Saya suka intip-intip dari jauh. Dia biasa melakukan :

  • ngobrol sendiri
  • bermain dengan jari-jarinya (mengamati)
  • bermain dengan guling
  • menonton kartun upin ipin sambil peluk guling
  • mengamati poster-poster yang saya tempel di tembok kamar

Saya sebagai Ibunya gak pernah bosan mengajari hal baru untuk si jendral kecil. Termasuk urusan ngobrol dan bernyanyi. Saya biasa menyapa Mada saat pergantian waktu, misalnya

“Selamat pagi, Mada. Hari ini Pak Gondrong libur. Nanti kita jalan-jalan yaaaa,”

atau

“Anak Ibu sedang asyik sendiri ? Ibunya kangen gak diajak ngobrol nih …..”

atau

“Bersiaaaap !! (saya menaruh kedua tangannya tegak seposisi dengan badannya, siap grak ala tentara). Jendral Mada mau laporan. Hari ini Jendral Mada sudah nenen, sudah berjemur, sudah ngobrol, sudah mandi, sudah bermain dengan Ibu, sudah ngumpul dengan teman-teman. Sekarang Jendral Mada mau bobo graaakk !!”

Itu yang biasa saya lakukan dengan Mada. Bagaimana dengan Bapaknya ?

Kebetulan bulan-bulan pertama Mada lahir, suami lebih banyak turun tangan mengurusi Mada. Yah, saya belum bisa melakukan banyak hal lantaran masih menjalani recovery. Yang pertama kali bisa mandiin Mada ? Suami. Yang pertama kali bisa menggendong Mada tanpa canggung ? Suami.  Hihihi *peluuuuk.

Saat ini, saya mewajibkan Bapaknya untuk meluangkan waktunya bersama Mada. Entah itu ngobrol, bermain atau mandiin Mada. Saya ingin Mada juga dekat dengan Bapaknya 🙂

Hmm, sooo bulan depan Mada sudah bisa apalagi yaaaa ?

xoxo,

Bojone Gondrong

Iklan

2 comments

  1. Assalamualaikum..mba maria,,sebelumnya perkenalkan saya linda…saya baru 1 bulan tinggal di depok…kebetulan ngekos di daerah margonda…saya lumayan sering baca2 blog nya mba… selamat ya mba atas kelahiran putranya..
    saya mau tanya mba kalau ke rs bersalin depok jaya naik angkutan umum jalurnya apa ya? saya mau kontrol kandungan, kebetulan saya kemrin baca2 dsog yang recomended, dr.nel praktek disitu..
    terima kasih atas bantuannya..ditunggu balesan komentarnya ya mba..

    1. waalaikumsalam mba linda, jalur depok 1, angkotnya 01, bilang aja turun di rambutan … dr. nel praktek selasa mlm dan kamis pagi, sehari sebelumnya kudu daftar dulu by phone (jam 7 pagi) krn dibatesin 20 org aja … dulu aku rutin ikut yg hari selasa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s