Kehamilan 24 Minggu : Kenali Tanda-tanda Kontraksi Palsu dan Asli

*tariknapasdulu*

Kata orang-orang, wanita itu agak susah move on dibanding laki-laki.  Hmm, gak sepenuhnya benar sih. Urusan laki-laki, saya bisa sekejap mata *lebay* jadi amnesia. Tapi, urusan anak ? Ya ampun, di usia kehamilan 24 minggu ini saya masih saja teringat anak pertama saya (Aisha) yang meninggal tepat pada usia 6 bulan. Ini yang bikin saya ketar-ketir di hari Minggu kemarin (09/02/14) dan akhirnya memutuskan ke bidan langganan saya. Penyebabnya ? perut saya suka tiba-tiba mengeras.

Waktu hamil anak pertama, saya merasakan perut mengeras selama seminggu, dan berujung pada ketuban pecah-pendarahan yang akhirnya saya melahirkan normal seorang diri di rumah. Pada saat itu saya gak kepikiran kalau perut saya yang mengeras selama berhari-hari itu adalah kontraksi. Saya mengira itu adalah respon si dedek bayi karena diajak ngobrol atau protes kalau saya too much activity. Selama 5 bulan pertama kehamilan, saya rajin bertanya pada mbah google, tapi ya hanya seputar do’s & don’t, apa yang harus dilakukan pada usia kehamilan 1234, dll.

Nah, bidan Leni yang menangani saya lahiran anak pertama ternyata lagi gak masuk. Saya konsultasi dengan bidan yang sedang ada di situ sekaligus cek-cek si dedek bayi.

Inti dari konsultasi saya kira-kira seperti ini :

– Kontraksi yang perlu diwaspadai itu kalau perut kita sangat keras dan tidak bisa dicubit

– Terdapat rasa mulas dan nyeri dari pinggang sampai perut bawah

– Jalur lahir (miss v) akan terasa semakin membesar dan seperti ada yang mau keluar

– Kontraksi terjadi setiap 5 menit

– Kontraksi tidak hilang walaupun kita merubah posisi

Selain gejala yang terjadi di atas, bisa diperkirakan itu tanda-tanda kontraksi palsu yang biasanya terjadi di trimester kedua.

xoxo,

Bojone Gondrong

Iklan

One comment

  1. Kontraksi palsu itu aku alami mba, Maklum kehamilan pertama jadi belum pengalaman sama sekali, kirain udah waktunya.. sama2 panik buru2 ambil kamar di RS bersalin, eh taunya alarm palsu. Ujug2 aku nginep di RS 3 hari 3 malem gegara alarm palsu itu mba, hari ke 4 baru brojol :))

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s