Kamis, Hari Mengirim Tulisan

Januari di ujung hari.

Hampir sepanjang Januari, saya lebih banyak menghabiskan hari saya dengan menulis di atas kertas. Entah menulis draft buku anak atau menulis artikel. Kenapa di kertas ? Ya, jelas saya gak punya laptop. Hehe. Sebelum menikah, laptop milik saya semasa lajang, saya berikan ke adik-adik saya yang sedang menuntut ilmu. Waktu itu yang kepikiran di kepala saya, toh saya bakal kerja kantoran dan bisa beli laptop baru lagi. Eh, nyatanya setelah menikah saya belum jadi wanita kantoran dan keburu jadi Ibu Hamil. Aktivitas saya lebih banyak di rumah sebagai Ibu Rumah Tangga. Sebagian orang mengandalkan tabungan untuk membeli barang impian. Kalau saya kok rasanya kurang greget dan terlalu lamaaaaaa banget. Jadi, ya saya targetkan tahun ini banyak-banyak menulis supaya honornya bisa dikumpulkan dan pastinya bisa beli laptop dengan uang pribadi. Amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin !

Seperti yang saya tulis di Resolusi 2014, tahun ini saya ingin konsisten dan disiplin menulis. Sejak Kamis pekan lalu, saya memulainya dengan mengirimkan 2 artikel saya berjudul “Kenali Bahaya Di Balik Tasmu” dan “Menjaga Airku, Menjaga Airmu”. Redaksi yang dituju adalah Harian Kompas Anak. Dulu, saya pernah rutin menulis di koran nasional tsb dan saya berharap tulisan saya bisa mejeng lagi di situ.

Dan, hari ini. Saya akan mengirimkan 2 Cerpen Anak ke Majalah Bobo. Yang satu judulnya “Gara-gara Carroll” dan “Tuan Sebentar Lagi”. Oh ya,  saya mengirimkan lewat jasa TIKI. Kebetulan, dekat rumah ada salah satu agen TIKI. Sebenarnya sih, bisa saja dikirim lewat e-mail yang tercantum di redaksional majalah dan koran. Tapi, saya ingin pakai cara konvensional dulu. Naskah di print, lalu di staples yang rapi dan terakhir masukkan ke amplop. Btw, amplop yang saya kirim ke Kompas Anak, saya hias pakai kertas origami di ujung amplop. Biar menarik dan cantik saja 😀

Mungkin, untuk selanjutnya, saya akan menetapkan hari Kamis sebagai Hari Mengirim Tulisan. Saya menargetkan diri saya bisa menulis 2 artikel atau 2 cerpen tiap minggu sebagai langkah awal. Dan, satu tips tokcer dari seorang penulis terkenal, lupakan setiap tulisan yang sudah dikirimkan. Jangan ditungguin apalagi diingat-ingat. Cukup di bookmark saja kapan tulisan tsb dikirim. Supaya, ketika sudah lewat dari batas 3 atau 6 bulan dan tak ada kabar ya tulisan tsb bisa direvisi. Hasil revisian bisa dikirim ke tempat lain.

Ah, mari berdoa semoga semuanya lancar. Allahumma yassir walaa tuassir. Bismillah !

Note : foto diatas diambil dari www.flatironwriters.com

xoxo,

Bojone Gondrong

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s