Suatu Malam, “Hadiah” Itu Datang

16-weeks-pregnant-feeling-so-fine-e1357201390761

Hmmm, hari ini usia kehamilan saya sudah masuk 18 minggu. Cerita yang saya posting dibawah ini saat terakhir saya cek kehamilan ke obgyn langganan saya, pas 16 minggu alias 4 bulan. Belum basi kok postingannya, karena apa yang saya alami 2 minggu lalu masih berlangsung sampai saat ini.

Dalam agama Islam, usia kehamilan 4 bulan adalah saat-saat istimewa bagi Ibu Hamil. Seperti hadist di bawah ini :

“Sesungguhnya setiap orang di antaramu dikumpulkan penciptaannya di dalam perut ibunya empat puluh hari berupa nutfah, kemudian menjadi segumpal darah, (empat puluh hari kemudian), kemudian menjadi segumpal daging selama itu pula (40 hari berikutnya). Kemudian diutuslah kepadanya malaikat, lalu meniupkan ruh kepadanya dan diperintahkan atasnya menuliskan empat hal; ketentuan rejekinya, ketentuan ajalnya, ketentuan amalnya, dan ketentuan celaka atau bahagianya …” (HR. Bukhari dan Muslim)
 
 
Dari hadist tsb, bisa disarikan intinya yaitu :
  • 40 hari pertama berupa nutfah atau cairan kental,
  • 40 hari kedua menjadi ‘alaqah atau segumpal daging,
  • 40 hari ketiga menjadi mudhghah atau segumpal daging.

Secara hitungan bulan, 40 hari ketiga berarti usia kehamilan sudah masuk 4 bulan. Dan, subhanallah pada bulan ke-4 seperti itu Allah Swt mengutus malaikat untuk meniupkan ruh ke dalam janin yang terdapat di rahim ibunya.

Saat saya hamil Aisha dan usia kehamilan 5 bulan, tetangga-tetangga saya yang orang Betawi pada nanya “Udah syukuran 4 bulanan belum ?”. Saya terdiam, karena baru tahu kalau hamil 4 bulan itu kudu pakai syukuran. Hehe. Yang saya lakukan waktu Aisha umur 4 bulan yaaa hanya banyak-banyak beribadah, bersyukur dan lebih dekat lagi sama yang di atas.

Nah, untuk anak kedua kami, sepertinya belum perlu juga syukuran. Hehe. Meskipun tanpa syukuran, saya mendapat ‘hadiah’ dari suami. Suatu malam, suami membawa buku tipis yang di dalamnya ada beberapa Surat Al-Quran yang perlu dibaca Ibu Hamil. Bukan itu yang menjadi hadiah saya, karena saya sudah lebih dahulu punya buku panduan untuk Ibu Hamil, yang pernah saya pakai selama hamil Aisha.

Hadiah yang saya maksud itu … sebelum tidur, kira-kira jam 11an malam, usai sholat, suami masuk ke kamar tidur. Ia mengambil buku tipis yang tadi dibawanya. Lalu, di atas sajadah, suami duduk sembari membacakan Surat Yusuf. Mau tau gimana perasaan saya? Ihh, meleleh nyosss deh saya. Awalnya, saya ikut duduk di dekat suami. Baru lima belas menit duduk, ehhh pinggang saya mulai sakit. Hihihi. Saya langsung bobo-bobo di kasur nungguin suami selesai ngaji.

mybaby 4month

Dan, sebelum saya menyudahi update-an blog ini, saya ingin nampilin juga foto usg si dedek bayi.

Itu hadiah buatmu ya, nak ! Nanti, kalau kamu sudah lahir, dan sudah bisa baca plus ngerti dunia gadget, kamu bakalan tahu kalau kamu pernah eksis di blog Ibu 😉

xoxo,

Bojone Gondrong

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s