Gara-gara Si Jempol, Saya Berpuisi dan Menang

hadiahbuku

Tanggal 5 Desember 2013, saya mengikuti Kamis Kuis yang diadakan oleh Kak Dian Kristiani dan Kak Tethy Ezokanzo di Forum Penulis Bacaan Anak (Pabers). Setiap peserta yang ingin mengikuti kuis diminta menyebutkan satu hewan yang ada dalam buku Belajar Huruf Hijaiyah dengan 28 Dongeng Binatang berdasarkan huruf hijaiyahnya, daaaan gak lupa peserta diminta juga untuk bikin PUISI yang menceritakan tentang hewan tsb.

Hmmm, bikin puisi ya ? Duhh, kalau bikin puisi dengan gaya bahasa anak SD sih bisa-bisa saja. Untungnya duo penulis best-sellers kece itu gak masang syarat yang sulit. Ngeri kaaaan kalau mereka nyuruh bikin puisi yang sering muncul di Kompas Minggu.

Awalnya, saya ingin bikin puisi ikan. Kebetulan saya kan zodiaknya ikan (pisces) *halah*. Tapi, gak tau kenapa saya kurang sreg. Saya peratiin satu-persatu daftar hewan yang ada di Daftar Isi dan juga karya peserta yang sudah mejeng duluan mengikuti kuis. Ada yang bikin puisi tentang Singa, Ayam, Buaya, Gajah, Semut, dll. Saya sama sekali gak punya ide. Trus, satu binatang mungil yang dijulukin Raja Predator Angkasa menarik minat. Kebetulan, saya juga pernah ngompol kok *LOL*. Kemudian, nama hewan sudah dapet, ide sudah muncul juga, saya masih bingung mau dibikin kayak apa puisi saya. Kebetulan, saya demen banget bikin kata-kata berima. Yaudah, pede aja nge-post puisi berima yang konyol diantara puisi-puisi ciamik peserta lainnya.

Ini puisi saya :

Si Jempol

Pol Pol Pol

Ini bukan kisah Si Jempol

Yang suka onlen sambil nyebarin jempol

Dan gak pernah absen makan ongol-ongol

Pol Pol Pol

Siapa masih suka ngompol

Siap-siap udelnya dijebol

Sama Si Capung yang gak suka ngompol

Tuh kaaan, konyol banget puisinya. Waktu saya cerita ke adek-adek saya, reaksinya pada mesem-mesem. Dan, saat saya cerita ke Ibu, dia berkomentar “Hahaha, dasar Si Kakak !”. Tanggal 4 Desember 2013, Kak Dian mengumumkan pemenangnya di Pabers. Saya pada tanggal tsb lagi migrain campur kunang-kunang. Jadi, saya baru tahu infonya sehari kemudian. Itupun, saya gak yakin dan berulang kali ngomong : “APAHHH, puisi berima konyol itu bisa menang ???” Hahahaha.

Saya jadi ketagihan ingin ikut lagi di kuis-kuis berikutnya. Btw, sedikit info soal Buku tsb. Seminggu sebelum saya ikutan kuis, saya nongkring ke Gramedia Margonda. Sejak dibeliin smartphone Android sama suami *cupp-ahh*, saya punya hobi baru. Tiap ke Gramedia, saya suka moto-motoin halaman buku yang isinya keren. Nantinya, hasil foto saya tsb, saya baca dirumah. Ibaratnya, kayak baca e-book. Tiap saya moto, paling banter yaaaa maksimal 2 buku.Tujuannya apa yah ? Pertama, saya belum punya budget khusus untuk beli buku setiap bulan, hehe. Cara paling murah yaaa moto-motoin buku yang ingin saya baca. Kedua, saya lagi belajar meresensi buku walaupun hanya corat-coret di kertas.

Daaaaan, seminggu sebelum saya ikutan Kamis Kuis, saya sempat moto cover + daftar isi + beberapa cerita dari buku yang jadi hadiah saya itu. Duhhh, bener-bener rezeki nomplok. Hadiah buku nyampe di rumah orangtua saya. Gak pake lama, seluruh penghuni rumah langsung menyerbu buku yang saya pegang. Mereka suka, suka dan sukaaaa !

Adik bungsu saya, Ross Raudhatul Jannah (10th), saya pajang fotonya di atas gara-gara mukanya excited plus serius banget saat menyimak halaman demi halaman buku tsb.

Thanks untuk Kak Tethy sudah memilih puisi saya sebagai Pemenang. Thanks untuk Kak Dian yang rajin nelurin buku-buku anak berkualitas. Peluk jauuuuh !

xoxo,

Bojone Gondrong

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s