Kehamilan 10 Minggu Itu ….

10-weeks-pregnant-getting-the-hang-of-pregnancy-e1356438302672

Lihat-lihat kalender di henpun. Tu wa ga pat ma nam juh pan lan luh

Ihiy si DeBay (dedek bayi) sudah masuk 10 minggu usianya di perut saya.  Sedari awal saya hamil anak kedua ini, ada beberapa hal menarik (bagi saya, tentunya) yang teramat sangat beda dengan kehamilan pertama.

1. Yang paling kentara, saya jadi GAK SUKA banget kalo keluar rumah pakai baju yg manis-manis. Saya jadi males pakai rok, wideleg pants, cardigan, baju-baju feminin etc. Dan, saya jadi DOYAN banget pakai jeans dan kemeja flanel. Saya juga males gitu molesin eyeliner di mata saya. Jadi, keluar rumah cuma bedakan + lipstik duank. Serius, ini agak-agak aneh untuk seorang perempuan yang sewaktu kehamilan pertama teramat memperhatikan penampilan sebelum keluar rumah :p

2. Saya jadi JARANG masak dan sudah GAK PERNAH MENGGORENG. Pada kehamilan pertama, saya getol banget praktekkin resep-resep dari internet atau tabloid masakan edisi khusus. Saya wajib masak walaupun sekedar numis pokchoy. Dan, sekarang ? Hmmm, sejak pertengahan Oktober saya hampir jarang bahkan ndak pernah lagi masak lauk-pauk. Memang sih, beberapa kali saya pernah pusing mendadak dan mau pingsan saat berdiri numis-numis di depan kompor. Akhirnya, setelah berdiskusi dengan suami, saya putuskan selama 3 bulan awal kehamilan ini saya harus MENGALAH untuk tidak lagi sering-sering mejeng depan kompor. Aktivitas memasak saya paling seputar merebus, merebus dan merebus. Kalaupun menggoreng ya bukan yang super deep frying. Itu lho kayak goreng ayam, tempe etc yang gak bisa ditinggal-tinggal.  Paling banter yaaaa goreng omelette. Hihihi

3. Saya jadi RAJIN NULIS. Pagi. Siang. Atau malam hari saat menunggu suami pulang mbengkel. Saya duduk dipinggir kasur. Corat-coret berlemba-lembar kertas pakai pulpen hitam. Dulu awal-awal usia 20, tulisan saya entah itu artikel atau cerpen bisa muncul dimana-mana. Annida, Kompas Anak, Bobo, Koran Seputar Indonesia, etc. Saya kangen menulis cerpen anak lagi. Saya kangen memikirkan jalan cerita dari sebuah ide cerita yang muncul di kepala saya. Saya kangen nerima surat pemberitahuan dari media. Saya kangen NERIMA HONOR sekian rupiah dari media.

4. Alhamdulillah, kehamilan kedua ini, hidung saya GAK TERLALU EKSTREM nyium aneka BEBAUAN. Aselinya, hidung saya itu gak sensitip-sensitip amat. Sebelum hamil, sering yaaa saat lagi kumpul-kumpul dengan keluarga, tau-tau ada yang nyelutuk “bau apaan nih”. Saat yang lain sudah saling bersahut-sahutan dan membahas bebauan itu. Saya cuma diam karena gak ngerasa nyium sesuatu. Begitu ada yang nanya “kak, bau kan yahh ?”. Saya balik nanya, “emang bau apaan ? gak nyium kok”. Nahhhh, selama kehamilan pertama itu hidung saya super sensitip terutama tiap nyium bau gorengan. Dan, hal tsb sangat mengganggu saya karena efek tiap habis nyium bau gorengan itu : pusing, mual, emosi naik dan pingin nangis. So, alhamdulillah banget kehamilan kedua ini hidung saya normal-normal saja.

5. Seputar keluhan awal kehamilan anak kedua ini yaaaa paling jadi rajin mual + muntah + migrain. Standar. Cuma, kapan munculnya susah ditebak. Contohnya kemarin. Bangun tidur saya bebas mual + muntah + migrain. Pandangan mata saya juga normal-normal saja. Selanjutnya, saya pede beraktivitas layaknya orang hamil normal. Ehehehe, setelah adzan Dzuhur betis saya kaku + kepala pusing + dan mulailah adegan mual muntah. Lain waktu, saya bisa selama seminggu full menjalani hari-hari dengan kepala sakit sebelah + pandangan mata kabur dan lebih banyak menghabiskan waktu di kasur. Minum obat  ? Hmm, bumil kan tidak disarankan minum sembarang obat. Saya hanya mengkonsumsi obat penambah darah, asam folat dan vitamin kalsium gitu dari obgyn. Jadi, saya ya sabar saja.

Well, sekian cerita saya di usia kehamilan 10 minggu. Ahhh, gak sabar dengan kehamilan minggu-minggu berikutnya 🙂

xoxo,

Bojone Gondrong

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s