Masak Apa Hari Ini ?

Seberapa jago dirimu masak ?

Saya … dibilang jago masak juga, gak. When I was single, saya cuma bisa masak spaghetti ato pasta-pasta gitu untuk special weekend menu dan itu jadi favorit keluarga especially ayah saya. Trus, untuk makanan ringan … saya cuma bisa bikin bluder cake, bolu-bolu dan kue-kue yang dipanggang/kukus *bukan cuma bikin, saya pernah jualan homemade cake tsb dan laris lochhh ;-)*. Untuk daily food, saya doyan tumis-menumis dan memasak sayuran hijau.

Ibu pernah bilang ke bude-pakde saya, “urusan perut klo lagi gak punya duit, serahin sama Kak Mayo (panggilan saya di rumah).” Hehe, maksudnya segala macam bumbu yang ada di dapur bisa saya olah jadi masakan asal ada bawang merah + bawang putih dan lada/garam.

Trus, apa itu jadi modal saya buat jadi jago masak ? Gak. Begitu saya menikah dengan seorang lelaki produk mojokerto + jogja, saya mulai masak lagi dari NOL karena selera makan saya dan suami SUNGGUH berbeda.

Contoh :

Saya doyan makan sayur hijau. Dalam sehari gak makan sayuran hijau, kayaknya seret banget. Sementara suami ? Dia gak doyan T_T

Saya suka masak yang simpel dan makanan yang simpel tapi gak suka makanan instan. Menumis itu teknik memasak cepat, gak perlu berjam-jam spending time buat masak. Dan suami, selera makanannya sesederhana saya sih tapi agak rempong klo diikutin. Haghaghag ;-p

Saya rutin makan produk olahan kedelai, sangat doyan sama tempe dan (dulu) menilai orang yang gak suka tempe pasti orangnya rempong + gak gawul. Tempe itu makanan wajib di meja keluarga saya. Orek tempe kek, steak tempe kek ato tempe goreng tepung. Sehari gak makan tempe rasanya apa gitu. Lalu, ternyata suami saya gak doyan-doyan banget sama tempe ato tahu. Beberapa kali bikin tempe goreng, cuma dia liatin piringnya tanpa mengambil secuil pun si tempe ituh. Dia bilang : “gak suka tempe tipis, gak suka tempe yang udah dingin, kamu goreng tempe klo aq minta aja”. Tuh kan rempong T_T

Mie instan itu gak pernah dimasak telanjang when I was single. Tiap masak mie, pasti ada embel-embel sayuran komplit ato daging-daging apa gitu. Lalu, setelah nikah …. suami ternyata agak-agak freak gitu sama mie. Saya merongos ngeliat suami minta dimasakin mie sekaligus 2 biji buat dia sendiri. Bukan saya ngiler pengen mie juga, tapi yaolo itu 2 mie buat 1 orang ?!! aduh aduh, kasian amet usus suami.

Itu perbedaan saya dan suami urusan makan. Perbedaan yang bikin saya mesem-mesem namun dagdigdug begitu melihat daftar makanan yang saya buat selama bulan pertama kami menikah karena yang saya masak gak jauh-jauh dari : meat ato penduduk laut kyk ikan/cumi/udang/dkk *adeuhhh, mana sayuran ijo-nya ???!!*.

Orang-orang di sekitar saya pada bilang, “Yaudah, lo tetep bisa makan sayur tapi masak sayur trus elo makan sendiri.” Tewewew, gak seruuuuuuu T_T

Gara-gara perbedaan kami tsb, otak saya kudu berpikir kreatif urusan menyusun menu selama seminggu. Kegiatan kecil ini pula yang lama-kelamaan saya nikmati. Menyusun menu itu ibarat nyiapin agenda rapat buat direksi *lebay*, harus dibuat serapi mungkin + gak boros pengeluaran + biarpun beda selera makan tapi harus tetep nyatu.

Referensi resep saya dapat dari Mbah Google. Dalam seminggu, saya harus meng-combine (contoh) Senin Ayam Tumis Paprika. Selasa Cumi Asam Manis. Rabu Udang Lada Hitam. Kamis Tuna Tumis Pedas . Jumat saya libur masak (HOREEE !!). Sabtu Omelet dan saatnya muasin makan di luar dengan soto/sate/etc, Minggu Ayam Goreng Mentega (pengulangan bahan dasar menu dengan olahan yang beda).

Yang unik dari kegiatan masak-memasak ini, untuk makan malam saya selalu masak di atas jam 6 sore karena suami maunya makanan yang dimakan itu fresh from oven ehh from kompor. Gak heran, saya jarang masak siang-siang bolong kecuali buat saya sendiri ato saya lagi belajar masak.

Masak apa hari ini ? Hmmm, kasih tau gak yaaaa

xoxo,

Bojone Gondrong

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s